A.
PENDAHULUAN
Teknologi adalah sutau hal
yang diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah dan membantu manusia dalam
melaksanakan aktivitas. Jadi teknologi terus dan terus dikembangkan untuk
memenuhi kebutuhan manusia yang sangat kompleks.
Teknologi masa kini sudah
mencakup semua aspek dari sisi-sisi kehidupan manusia, dari teknologi
transportasi, komunikasi, dan lainnya. Sehingga manusia kini hidupnya sudah
pasti bergantung pada teknologi.
Sudah suatu yang pasti
sesuatu di ciptakan untuk hal positif tetapi dipergunakan untuk hal negatif.
B.
PEMBAHASAN
1.
Dampak
Positif dan Negatif dari Penggunaan Internet
Internet ialah Istilah umum yang
dipakai untuk menunjuk Network tingkat
dunia yang terdiri dari komputer dan layanan servis atau
sekitar 30 sampai 50 juta pemakai komputer dan puluhan sistem informasi
termasuk e-mail, Gopher, FTP dan World Wide Web.
Internet saat ini semakin menjadi,
anak berusia dini pun sekarang sudah bermain internet,berikut ini adalah dampak
positif dan negatif dari perkembangan teknologi informatika:
Ø Dampak Positif:
ü Internet
sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia.
ü Media
pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide
web jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat
saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
ü Media
untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan
www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
ü Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang
terjadi.
ü Bisa
digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan
lain-lain.
ü Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi
menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Ø Dampak Negatif:
ü Pornografi
Anggapan
mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan
kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen melengkapi program
mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di
internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. Bisa membuat
seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan
uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
ü Violence and Gore
Kekejaman
dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal
yang bersifat tabu.
ü Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
ü Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
ü Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi
yang disebut facebook
Facebook
tidak asing bila kita mendengar kata itu, karna setiap manusia di dunia pasti
lebih dari 90% telah menggunakan nya, entah buat iseng apa memang buat mencari
sahabat lama atau sanak famili yang tidak pernah bertemu lagi,tapi terkadang
banyak orang yang salah menggunakan facebook, berikut ini kami akan meberikan
penjabaran dan contoh dari dari dampak positif dan negatif dari facebook
Dampak
positif dari facebook
Pada
perkembangan dunia teknologi khususnya komunikasi tentunya telah banyak
membantu berjuta-juta penduduk dunia untuk saling terhubung antara yang satu
dengan yang lainnya. Bahkan semakin lama, kita dapat berkomunikasi dengan
teman, keluarga maupun relasi bisnis kita dengan harga yang murah dan dengan
kualitas yang cenderung meningkat.
Dampak
negatif dari facebook
teknologi
ini untuk sebagian orang justru memberikan dampak negatif terhadap
kualitas dari hubungan yang mereka jalin. Bagaimana tidak, belakangan ini
masyarakat lebih nyaman mengumpulkan teman-teman didunia maya daripada aktif
pada kegiatan-kegiatan organisasi riil yang dapat memberikan kualitas hubungan
pertemanan yang lebih kongkrit dan intents.
Ambil
saja facebook sebagai cotoh kasusnya. Banyak orang yang memiliki ratusan atau
bahkan ribuan teman difacebook tapi di dunia nyata, mereka hanya memiliki
beberapa orang teman dekat yang menemani keseharian mereka. Inilah salah satu
dampak negatif facebook yang
sampai sekarang mungkin belum disadari oleh beberapa orang. Mereka telah
kehilangan kemampuan untuk berbaur dengan masyarakat dan cenderung nyaman
dengan kehidupan online. Padahal jika terjadi suatu hal yang krusial pada
kehidupan kita, yang bisa membantu kita bukanlah orang-orang yang kita kenal
didunia maya tapi orang-orang yang hidup disekitar kita.
Oleh
karena itu, mari kita imbangi kehidupan aktif kita didunia maya dengan menjalin
hubungan dan komunikasi yang intents dengan masyarakat yang ada disekitar kita.
Dengan demikian kita tidak akan terkotak-kotakkan oleh hubungan yang sempit dan
kita tidak akan kehilangan kemampuan berkomunikasi dengan yang lain.
Berikut
adalah tips untuk menghadapi perkembangan teknologi di internet:
- Gunakan teknologi yang anda kuasai untuk menjalin hubungan yang lebih intents dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah anda kenal didunia nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di Facebook, twitter , atau social media yang lain karena kecenderungan yang terjadi, mereka yang hanya anda kenal didunia maya tidak akan memberikan nilai persahabatan yang mutualisme atau saling mensupport antara satu dan yang lain didunia nyata.
- Jika anda ingin mencari teman-teman yang baru didunia maya, carilah komunitas positif yang sering melakukan pertemuan didunia nyata atau biasa dikenal dengan istilah kopdar atau kopi darat. Komunitas seperti inilah yang benar-benar akan mengasah kemampuan komunikasi anda karena komunitas-komunitas ini seringkali memberikan kita inspirasi dan dukungan yang optimal pada kehidupan anda.
Maraknya beredar game online di
Indonesia membuat fenomena baru di kalangan penggemar game. Dari yang hidupnya
kacau hingga anak sekolah atau kuliah yang tidak lulus. Bermain game memang
mempunyai dua sisi, negatif dan positif. Dari segi positif bisa melatih pola
berpikir, reflek, dan mungkin juga dijadikan ajang untuk mendapatkan uang
dengan mengikuti pertandingan atau menjual item dan karakter di
game. Memang terbukti dari sebuah penelitian bahwa bermain game bisa
membuat anak-anak menjadi lebih cerdas bila dibandingkan yang tidak, walau
penelitian ini masih berbau kontrovesi dan belum bisa dipertanggung jawabkan.
Tapi apa akibatnya kalau bermain
game berlebihan? Yang pasti efeknya bisa sangat fatal. Mulai dari kehidupan
nyata yang kacau, tidak lulus sekolah (kuliah) bagi yang masih berstatus
pelajar atau mahasiswa ataupun hal-hal lainnya seperti kejahatan-kejahatan
karena kehabisan uang untuk bisa bermain game online.
Untuk mencegah hal ini diperlukan
kewaspadaan dari orang tua bagi anak-anak yang masih kecil. Memang lebih baik
anak-anaknya bermain game dari pada bergaul dengan orang yang tidak jelas, yang
mungkin bisa menjeratnya ke kasus narkoba yang sekarang marak terjadi. Yang
penting adalah ditanamkan ke anaknya bahwa bermain game hanya untuk sebagai
pengisi waktu uang dan jangan dijadikan sebagai prioritas.
Bagi yang sudah dewasa diharapkan
bisa berpikiran lebih jernih. Pikirkan skala prioritas bahwa untuk apa bermain
game. Kalau memang untuk memenangkan sebuah pertandingan yang ada uangnya atau
mendapatkan uang dari hasil bermain game sih wajar-wajar saja. Kalau hanya
untuk sekedar hobi, harus mencari waktu luang, dan jangan berlebihan atau
dijadikan prioritas.
Berikut ini dampak dari game online
- Positif
Game itu membuat orang pintar.
Penelitian di Manchester University dan Central Lanchashire University
membuktikan bahwa gamer yang bermain game 18 jam per minggu (rata-rata 2.5
jam/hari) memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata setara dengan
kemampuan atlet. Akan tetapi lebih banyak orang yang bermain dalam waktu jauh
lebih lama.
Meningkatkan konsentrasi. Dr. Jo
Bryce, kepala penelitian di suatu universitas di Iggris menemukan bahwa gamer
sejati punya daya konsentrasi tinggi yang memungkinkan mereka mampu menuntaskan
beberapa tugas.
Ketajaman mata yang lebih cepat.
Penelitian di Rochester University mengungkapkan bahwa anak-anak yang memainkan
game action secara teratur memiliki ketajaman mata yang lebih cepat daripada
mereka yang tidak terbiasa bermain game.
Meningkatkan kinerja otak dan memacu
otak dalam menerima cerita. Sama halnya dengan belajar, bermain game yang tidak
berlebihan dapat meningkatkan kinerja otak bahkan memiliki kapasitas jenuh yang
lebih sedikit dibandingkan dengan belajar dan membaca buku.
Meningkatkan kemampuan membaca.
Psikolog di Finland University menyatakan bahwa video game bisa membantu anak-anak
untuk meningkatkan kemampuan baca mereka. Jadi, keluhan soal bermain game yang
dapat menurunkan budaya membaca tidaklah beralasan.
Meningkatkan kemampuan berbahasa
Inggris. Riset di Indonesia membuktikan bahwa banyak pria yang mahir bahasa
Inggris di sekolah ataupun di universitas tanpa melalui kursus adalah mereka
yang suka bermain game.
Membantu bersosialisasi. Beberapa
profesor di Loyola University, Chicago telah mengadakan penelitian dan menurut
mereka game online dapat menumbuhkan interaksi sosial yang menentang stereotip
gamer yang terisolasi. friendship, brotherhood, organisasi (guild), menghadapi
conflict bersama (guild wars), managing people (jika menjadi guild leader),
kontrol emosi, politik, dsb.
Mengusir stres!!! Para peneliti di
Indiana University menjelaskan bahwa bermain game dapat mengendurkan ketegangan
syaraf. Jelas aja daripada berantem mendingan berantem lewat game, darahnya
bohongan, senjata bohongan, semuanya serba bohongan, buat apa kita hidup di
jaman digital kalau tidak memanfaatkannya.
Memulihkan kondisi tubuh. Dr. Mark
Griffiths, psikolog di Nottingham Trent University melakukan penelitian sejauh
mana manfaat game dalam terapi fisik.
Meningkatkan kecepatan dalam
mengetik, karena beberapa game online mengharuskan player untuk mengetik ketika
berkomunikasi dengan lawan bicara.
Melatih kemampuan berdagang.
- Negatif
Menimbulkan efek ketagihan, yang
berakibat melalaikan kehidupan nyata. Inilah masalah sebenarnya yang dihadapi
oleh para gamer yang intinya adalah pengendalian diri.
Kehidupan real menjadi berantakan,
seperti nilai pelajaran, tugas kampus, dipecat, dsb.
Membuat orang menjadi bodoh. Orang
berpikir terlalu pendek karena jalan main game yang ia mainkan. Ada salah satu
kasus, seseorang membunuh seorang sopir taksi karena orang itu menginginkan
uang dari sopir taksi itu untuk bermain game. Game kesukaannya adalah GTA.
Pasti tahu kan..?
Membuat orang terisolisir dengan
lingkungan sekitar. Ini adalah efek karena terlalu seringnya bermain game
sehingga lupa akan kehidupan nyatanya.
Mengganggu kesehatan. Karena
seseorang yang bermain game dalam waktu sangat lama ia hanya melakukan kegiatan
pasif
Mengakibatkan pola makan dan tidur
yang tidak teratur sehingga mudah terserang penyakit.
Jika terlalu sering akan menimbulkan pengaruh psikologis. Menghayal dan pikiran yang selalu tertuju pada game adalah efek negative yang ditimbulkannya. Mempengaruhi pola piker dan tingkah laku
Jika terlalu sering akan menimbulkan pengaruh psikologis. Menghayal dan pikiran yang selalu tertuju pada game adalah efek negative yang ditimbulkannya. Mempengaruhi pola piker dan tingkah laku
Pemborosan, Jika game online telah
menjadi candu. Karena jika seseorang telah kecaduan, ia dapat mengorbankan
apapun demi keinginannya.
Dampak
Positif & Negatif TIK
Sumber:
Agus Buono dkk, 2010, Dian Rakyat-Jakarta
1. Dampak Positif
- Adanya internet membuka sumber informasi yang tadinya sulit diakses menjadi lebih mudah. Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi masalah lagi.
- Kemudahan dalam melakukan pengolahan data dan menyelesaikan perhitungan yang rumit
- Masyarakat lebih mudah memperoleh informasi dalam lingkup luas melalui media-media seperti radio, TV, internet dan lain sebagainya.
- Perkembangan TIK mengembangkan kesempatan dan kesanggupan belajar sendiri tanpa harus memdapat bimbingan dari guru.
- Mudah melakukan komunikasi dengan orang yang tinggal jauh.
- Hilangnya batasan ruang dan waktu dengan adanya internet membuka peluang baru untuk melalukan pekerjaan dari jarak jauh.
2. Dampak Negatif
- Penggunaan internet meningkatkan kemungkinan penyebaran virus komputer
- Adanya program games dikomputer membuat anak-anak lupa waktu karena keasyikan main.
- Penggunaan TIK yang berlebihan akan membuat kecendrungan untuk menutup diri dari pergaulan.
- Terlalu lama di depan komputer membuat cidera pada otot dan mata menjadi sakit
- Pengawasan orang tua yang kurang bisa berakibat fatal pada anak-anaknya yang sudah bisa mengakses internet. Karena di internet segala macam informasi bisa diakses. Jangan sampai anak-anak mengakses informasi yang tidak layak didapatkan seperti situs porno, perkelahian yang menyangkut kekerasan dan lain sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar